1. Preliminary round :

  • Tim peserta membuat program untuk menyelesaikan misi sesuai skenario yang telah disiapkan.
  • Tim peserta menjalankan program yang telah dikembangkan tersebut dalam simulator yang disediakan oleh JAXA.
  • Kompetisi akan dilakukan menggunakan simulator.
  • Masing-masing tim mengumpulkan program yang telah dibuat pada tanggal yang telah ditentukan (sebelum hari H).
  • Tim akan saling berkompetisi berdasarkan kecepatan dan akurasi dalam menyelesaikan misi yang diberikan.
  • Penilaian berdasarkan aturan dan faktor penilaian yang ditetapkan JAXA.
  • Tim dengan score terbaik akan menjadi pemenang dan dapat mengikuti babak selanjutnya mewakili Indonesia
  • Detil mengenai aturan permainan tertulis dalam KIBO-RPC 2 Rule book
  • Tahap preliminary akan dilaksanakan di LAPAN Pussainsa, Jl. Dr. Djundjunan 133 Bandung (bersifat daring jika masih dalam situasi pandemi)

2. Qualification round :

  • Perwakilan masing-masing negara akan berkompetisi dalam babak kualifikasi ini untuk memperebutkan posisi di babak final.
  • Peserta menggunakan program yang telah dikembangkan dan dijalankan di simulator JAXA dan dapat memodifikasi program yang telah digunakan pada preliminary round.
  • Kompetisi dilakukan dengan menggunakan simulator
  • Penilaian faktor penilaian yang diterapkan sama dengan preliminary round
  • Detil mengenai aturan permainan tertulis dalam KIBO-RPC 2 Rule book
  • Informasi lebih lanjut mengenai babak kualifikasi ini akan diberitahukan kemudian oleh panitia Kibo-RPC Pussainsa, LAPAN

3. Final round :

  • Finalis yang terpilih di babak kualifikasi akan berkompetisi dengan menggunakan Astrobee dan Int-Ball langsung di ISS
  • Peserta akan menggunakan program yang mereka kembangkan dan dapat memodifikasi program yang telah digunakan pada preliminary round/qualification round.
  • Program yang telah selesai dibuat di submit ke sekretariat Kibo-RPC
  • Program yang telah dibuat akan di uplink ke Astrobee di ISS
  • Penilaian berdasarkan aturan dan faktor penilaian yang ditetapkan JAXA.
  • Detail informasi mengenai tanggal submit program dan pelaksanaan final akan diberitahukan setelah pelaksanaan preliminary round.

MISI

  • Dalam KRPC-2, game rule melanjutkan dari KRPC-1. Pengalaman dalam menggerakkan robot yang sebenarnya setelah mencoba menjalankannya pada simulasi mengajarkan peserta bahwa simulasi hanya merupakan pendekatan terhadap dunia nyata. Maka dari itu, peserta diharapkan untuk mempelajari teknik membuat program simulasi yang berkinerja baik di dunia nyata dengan mempertimbangkan ketidakpastian dan kesalahan. Dengan demikian, peserta akan dapat mempelajari perlunya mengontrol dan mengoreksi posisi, mengorientasikan robot yang terbang bebas, dan bagaimana melaksanakan perintah yang ditugaskan pada lingkungan onboard melalui uji coba simulasi
  • Peserta membuat program untuk menggerakkan Astrobee dari docking station menuju tempat yang ditentukan dan menembakkan laser ke target. Setelah itu, tim melaporkan bahwa “mission completed” kepada astronot yang bertugas. Penilaian akan dihitung berdasarkan akurasi tembakan laser ke target dan waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan misi.
  • Detail mengenai misi dapat dilihat pada guidebook Kibo-RPC 2